Masih ada gak si yang masi ngeblog di 2021 ini? Di zaman dimana konten-konten itu adanya di TikTok, Instagram, atau YouTube.

Saya sendiri sebenarnya mulai menulis di blog itu tahun 2008, lebih dari 12 tahun yang lalu! Saat itu blum ada yang namanya TikTok dan Instagram. Bahkan smart phone saat itu masih jadi barang yang mewah. Pilihannya hanya juga sedikit, Palm, BlackBerry, atau iPhone.

Benar memang kata Steve Jobs ketika beliau mulai menjual Mac tahun 80’an dulu. Nantinya komputer akan sangat terjangkau, setiap orang akan memilikinya. Here we are!, setiap orang sekarang mimilki smart phone. Bukan satu, bahkan ada yang dua ada yang lebih dari dua.

2008, yang namanya personal komputer ya komputer, PC, atau leptop. Bukan smart phone, bukan Android, bukan iPhone. Konsekuensinya, konten masih sangat terpusat untuk layar-layar besar.

Konten-konten saat itu adalah konten-konten yang memang dikonsumsi bukan untuk orang-orang yang sangat dinamis. Untuk menikmatinya kita harus duduk di atas kursi. Karenanya, sangat menyenangkan menulis blog saat itu, banyak yang membaca dan kompetitif.

Rasanya Ngeblog Dahulu, dan Sekarang

Dulu bukan sedulu itu, tetapi dulu itu adalah ketika tahun dimana penetrasi smart phone masih lebih sedikit dibanding PC atau Laptop, khususnya di Indonesia.

Saat saya masih aktif ngeblog, sekitar tahun 2008 sampai 2016, banyak sekali pembaca yang berinteraksi. Kita saling bertukar komentar di kolom komentar, membagikan backlink sana sini. Dan semuanya sangat menyenangkan.

Ada masanya ketika saya menulis di blog panjang-panjang untuk merebut keyword tertentu di SERP google.

Katanya, menulis konten yang panjang-panjang sangat bagus untuk SEO.

Voalla!! tiga minggu kemudian, meskipun tidak mendapatkan posisi no. 1, tetapi saya bisa masuk page 1 SERP dalam waktu yang singkat.

Saya melakukannya tidak satu malam, untuk mendapatkan SERP halaman 1, saya harus riset keyword, mengerti semantic HTML, dan menulis konten yang selain panjang juga harus memberikan timbal balik ke pembacanya.

Ngeblog Sekarang…

Ketika memutuskan untuk menulis lagi, saya masih menyimpan blog-blog favorit saya.

Dan apa yang terjadi?

Kebanyakan sudah tidak bisa diakses lagi. Blog-blog favorit saya saat itu Blogguebo (mati), Bloggodolar, dan Blog mas Erawan.

Memang, blog-blog yang sering saya baca adalah blog yang sedikit teknikal tentang blogging dan beberapa blog tentang how to from internet.

Salut untuk mereka yang masih konsisten menulis.

Meskipun rasanya sudah tidak seperti dulu, konten tidak lagi terpusat pada tulusan blog, saya akan mencoba menulis lagi. Tulisan tentang apa? macam-macam. Tentang blog, pekerjaan, dan kehidupan.

Tentu saya akan sangat senang jika mendapat pembaca, tetapi fokus saya bukan pembaca sekarang. Fokus saya adalah ego saya sendiri. Kepuasan ketika tulisan-tulisan sudah banyak dan nantinya bisa saya baca di masa depan kelak.

Blogging for Money

Apakah saya akan menulis blogging for money?

YA, tentu.

Saat saya masih aktif blog, banyak sekali manfaat yang saya dapat dari blogging, salah satunya bisa mendapatkan uang rutin dari blog.

Sekarang strategynya mungkin sudah berbeda. Bukan lagi dari iklan atau afiliasi. Fokus tahun pertama saya blogging adalah mendapatkan branding dan pengalaman pembaca yang bagus dahulu.

Toh, itulah yang saya pelajari setelah berkarir diluar blogging. Untuk menjual sesuatu kita harus mendapatkan traction dan brand yang bagus.

Tentu, saya akan menulis perjalanan saya di sini. So, jika kebetulan Anda membaca tulisan ini, bookmark blog ini dan berlangganan melalui kolom komentar di bawah! Saya tidak akan mengecewakan Anda.

Oh ya, ilustrasi gambar di atas saya dapatkan dari Business vector created by pch.vector – www.freepik.com.

Saya mungkin akan subscribe ke premimu freepik agar nanti tidak memakai atribusi freepik lagi,

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: